Mengenal Muzammil Hasballah Anak Muda Pecinta Al-Quran

Muzammil Hasballah, siapa dia? Beberapa diantara kita mungkin sudah begitu familiar dengan nama-nama seperti Syekh Abdullah Awad Al-Juhani yang menjadi imam di Masjidil Haram, atau Syekh Abdul Rahman As-sudais, serta nama-nama tenar lainnya. Namun pernahkah Anda mendengar nama Muzammil Hasballah? Seorang pemuda yang berasal dari Aceh yang tampaknya biasa-biasa saja namun sering menjadi imam di beberapa masjid karena suaranya yang sangat merdu dan fasih. Dengan kemampuan bacaan Al-Quran yang indah Ia berhasil menarik perhatian salah satu imam besar di Masjidil Haram yaitu Syeikh Abudurrahman Al-Aushi, sampai-sampai beliau ketika di Indonesia nanyain pengen ketemu sama Muzammil.

Siapa sosok Muzammil Hasballah?

Muzammil Hasballah adalah pemuda berusia 23 tahun yang berasal dari Aceh. Pemuda Aceh ini telah menyelesaikan study di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan Teknik Arsitektur. Pemuda yang tampaknya memiliki kepribadian biasa-biasa saja seperti pemuda-pemuda yang lainnya. Sekali waktu dia tampak santai menggunakan kaos dan celana jeans, seperti pemuda pada umumnya. Akan tetapi, Pemuda Aceh ini sedikit berbeda karena kemana-mana ia selalu mengalungkan surban di lehernya. Tidak hanya itu, pemuda yang sempat menggemparkan dunia maya dengan unggahan video-video dimana ia menjadi imam dengan bacaan yang fasih dan merdu ini juga tampil sangat sederhana, sopan, dan terlihat rapi. Namun siapa sangka jika ia adalah seorang hafiz Al-quran.

Awal mula Muzammil Hasballah mengunggah video di YouTube

Jangan dahulu berpikir negatif dan suuzon. Alasan pemuda Aceh ini mengunggah beberapa video ketika ia menjadi imam bukan untuk memperkenalkan dirinya pada dunia bahwa ia memiliki suara yang merdu, melainkan, ia mengunggah video-video tersebut untuk tujuan yang lebih mulia yaitu, berdakwah sekaligus memberikan inspirasi kepada kaum muda. Ia ingin pemuda-pemuda yang melihatnya tidak hanya bisa menjadi makmum, melainkan juga bisa menjadi imam dan berani tampil. Selain itu, ia mengunggah video tersebut untuk memberikan inspirasi kepada pemuda-pemuda agar mereka lebih rajin sholat, terutama sholat berjamaah di masjid.

Ketika memimpin shalat di masjid, Muzzammil tetap berpakaian sopan dan biasa-biasa saja layaknya pemuda pada umumnya. Ia tetap menggunakan pakaian yang terlihat gaul, dengan kemeja bukan menggunakan baju koko atau pakaian gamis serta peci yang sering kita lihat. Alasan mengapa ia memilih gaya yang lebih santai adalah untuk membuat para makmum merasa nyaman terutama kalangan muda yang seringkali berpakaian biasa-biasa saja.

Seperti kebanyakan pemuda yang kita kenal, Muzammil juga cukup gaul. Ia memiliki beberapa akun di sosial media seperti di Instagram dengan akun @muzzammilhb, Facebook di laman https://www.facebook.com/muzammil.hasballah, atau Twitter di akun @MuzzammilHb.

Ketika duduk di bangku kuliah dan di sela-sela kesibukannya belajar, Muzammil tetap berusaha untuk selalu mencintai dan membaca Al-quran disamping menyalurkan hobinya. Pemuda Aceh ini juga tetap melakukan aktifitas layaknya pemuda lainnya seperti, main skateboard, hangout bersama teman-teman, dan sesekali ia juga terlihat menonton film.

Dalam urusan fashion, Ia juga tidak terlalu ambil pusing dengan apa yang ia kenakan setiap hari. Sehingga baginya, pakaian yang ia kenakan tetap terlihat sopan dan membuatnya cenderung lebih ringan tanpa beban.

Seiring dengan popularitasnya yang meningkat karena video-video yang ia unggah dan kemudian menjadi viral, Muzammil Hasballah saat ini mulai banyak mendapatkan permintaan wawancara, dan ada juga beberapa yang memintanya untuk menjadi bintang iklan seperti busana muslim dan lain sebagainya. Namun ia tetap memegang prinsip, selama hal tersebut sejalan dengan visi dan misi dakwahnya, kemungkinan besar ia akan tetap menerimanya.

Apakah Anda ingin berlangganan artikel menarik lainnya langsung dari Email Anda? Kami akan menyuguhkan materi yang menginspirasi seputar tema Islami, Motivasi dan update terbaru dari Adlan Muslim langsung ke Email Anda.

Bagi yang berlangganan kami sediakan voucher senilai Rp 50.000 untuk pembelanjaan di Adlan Muslim.

YA, SAYA INGIN BERLANGGAN!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s