Kisah Inspiratif Kolonel Sanders Si Penemu Resep Ayam KFC

Dibalik sebuah kesuksesan seringkali terdapat sebuah perjuangan yang berat dan pengorbanan yang tidak kecil. Disamping itu, kepandaian dalam menangkap peluang merupakan kunci dari sebuah kesuksesan.

Kesuksesan, tidak hanya datang begitu saja seperti yang dialami oleh Kolonel Sanders yang memiliki nama lengkap Harland David Sanders. Ia adalah seorang Kolonel sekaligus penemu resep ayam fried chicken (KFC) yang saat ini, makanan cepat saji tersebut merupakan salah satu brand paling terkenal di dunia.

Berbicara mengenai Kolonel Sanders, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu siapa sebenarnya sosok kolonel tersebut.

Perjalanan Hidup Yang Berat

Harland David Sanders lahir di Henryville Indiana, Amerika Serikat pada tanggal 9 September 1890. Pada awal-awal kehidupannya, kolonel ini pernah menjadi operator di stasiun, pernah menjadi salesman asuransi, dll.

Sejak kecil ia hidup dalam keprihatinan. Terlebih, ketika berusia 6 tahun, Harland Sanders ditinggal oleh sang ayah yang meninggal dunia. Sedangkan ibunya bekerja di pabrik pengalengan, sehingga memaksa Harland Sanders kecil untuk menjaga dan memasak bagi dirinya dan adik laki-lakinya yang berusia 3 tahun.

Salah satu bakat yang dimiliki oleh Harland Sanders yang sudah terlihat sejak kecil adalah bakat memasak. Karena kemandiriannya di rumah, Ia pun dengan cepat belajar memasak berbagai resep.

Di usia yang baru 7 tahun, Sanders sudah cukup pandai memasak. Dan kemudian pada saat berusia 10 tahun, ia mulai bekerja masak dengan gaji $2 sebulan. Ia pernah juga bekerja sebagai tukang parkir ketika usianya 15 tahun di New Albany-Indiana.

Pada bulan Oktober tahun 1960 Harland Sanders kemudian masuk Angkatan Darat Amerika Serikat dengan memalsukan tanggal lahir yang ia miliki. Kemudian pada bulan Februari tahun 1975 ia diberhentikan dengan hormat dan kemudian pindah ke Sheffield, Alabama.

Di sana ia melanjutkan kehidupannya dengan menjadi pembantu tukang besi. Setelah 2 bulan, ia kemudian bekerja sebagai pembersih abu kereta yang kemudian dilanjutkan menjadi petugas pemadam kebakaran.

Pada tahun 1920 Sanders mendirikan sebuah perusahaan kapal feri yang menghubungkan antara Jeffersonville dan Louisville. Namun pada tahun 1922 ia kemudian mengundurkan diri dan mencairkan saham yang dimilikinya di perusahaan tersebut.

Saham yang ia dapatkan kurang lebih sekitar $ 22.000 yang kemudian digunakannya sebagai uang atau modal untuk mendirikan perusahaan lampu. Namun usaha tersebut akhirnya gagal.

Kegagalan tampaknya belum menjauh dari dirinya, setelah gagal dengan perusahaan manufaktur lampu yang ia miliki, Sander kemudian pindah ke wilayah Kentuky dan bekerja sebagai salesman di Michelin Tire Company namun lagi-lagi ia kehilangan pekerjaan.

Kesabaran Itu Berbuah Manis

Di usianya yang tidak muda lagi, yaitu 65 tahun, setelah kegagalan demi kegagalan dihadapinya hingga Ia hanya menyisakan tabungan $105 yang didapatkannya dari jaminan sosial, membuatnya berpikir untuk melakukan sesuatu yang bisa membantunya bertahan hidup.

Mulailah ia memperkenalkan resep yang dimilikinya dari restoran ke restoran. Namun yang didapatkannya adalah penolakan demi penolakan. Namun Ia tetap gigih. Selama itu, Kolonel Sanders menggunakan mobilnya sebagai tempat tidur.

Namun kemudian akhirnya resep yang Ia buat diterima dipercobaannya yang ke 1010 kali. Selanjutnya bisnisnya dikembangkan dengan metoda franchise. Tidak membutuhkan waktu lama, dengan metode franchise, KFC secara cepat meluas baik di Amerika Serikat maupun international seperti, di Kanada, Inggris, Mexico, Jamaica, dll.

Yang pada tahun 1960 kemudian berkembang menjadi 600 lokasi. Saat ini, KFC bahkan memiliki lebih dari 18.000 outlet yang ada di 120 negara. Penghasilan rata-rata setiap tahunnya mencapai $15 milyar.

Tidak disangka memang kesabaran akan berbuah manis pada akhirnya. Selama kita terus gigih mempertahankan impian kita, percayalah pasti tidak ada yang sia-sia dalam setiap perjuangan kita.

Follow akun media social kami untuk mengikuti artikel inspiratif seperti ini:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s