Ini Dia Tips Memulai Kebiasaan Sholat Malam Bagi Pemula

Buat yang lagi siap siap mau tidur..

Yuk simak dulu sharing saya tentang kajian sholat malam (serial kajian sholat malam bagian ke-4)

Kemarin kita udah sama-sama belajar tentang ayat yang memerintahkan untuk melaksanakan sholat malam yaitu Q.S Al-Muzammil ayat 1-2.

Kita juga jadi tahu ternyata Rasulullah dan para sahabatnya sempat melaksanakan sholat malam sebagai sholat wajib selama 12 bulan sejak ayat tersebut turun.

Namun kemudian berubah menjadi sholat sunnat setelah ayat ke-20 turun.

Meski demikian Rasulullah dan para sahabat tetap melaksanakannya setiap hari. Karena mungkin udah jadi habits dan memperoleh kenikmatan dalam melaksanakan sholat malam.

Nah, kali ini kita akan cari tahu sebetulnya bagaimana praktek sholat malam yang biasa dikerjakan oleh Rasulullah SAW..

#1 Praktek Sholat Malam Rasulullah

Sebetulnya ada banyak sekali riwayat yang menyampaikan mengenai praktek sholat malam yang biasa dilakukan oleh Nabi kita.. Namun kita akan pilih beberapa riwayat yg cukup terkenal.

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan Aisyah radiallahu anhu : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menambah shalat malam di bulan Ramadhan dan bulan lainnya lebih dari 11 raka’at. Beliau melakukan shalat empat raka’at, maka jangan tanyakan mengenai bagus dan panjangnya. Kemudian beliau melakukan shalat empat raka’at lagi dan jangan tanyakan mengenai bagus dan panjangnya. Kemudian beliau melakukan shalat tiga raka’at”.

Jika merujuk hadits di atas, ternyata Rasulullah SAW melaksanakan sholat malam dengan kualitas yang sangat bagus. Dari penjelasan Aisyah dapat disimpulkan di tiap rakaatnya bacaan Rasulullah bagus dan sangat panjang, sampai-sampai selesainya hanya sampai 11 rakaat saja di akhir malam.

Ada juga riwayat lain dari Zaid bin Kholid Al Juhani

“Aku pernah memperhatikan shalat malam yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau pun melaksanakan 2 raka’at ringan. Kemudian setelah itu beliau laksanakan 2 raka’at yang panjang-panjang. Kemudian beliau lakukan shalat 2 raka’at yang lebih ringan dari sebelumnya. Kemudian beliau lakukan shalat 2 raka’at lagi yang lebih ringan dari sebelumnya. Beliau pun lakukan shalat 2 raka’at yang lebih ringan dari sebelumnya. Kemudian beliau lakukan shalat 2 raka’at lagi yang lebih ringan dari sebelumnya. Lalu terakhir beliau berwitir sehingga jadilah beliau laksanakan shalat malam ketika itu 13 raka’at.”Ini berarti Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan witir dengan 1 raka’at.

Berdasarkan riwayat dari Zaid bin Kholid Al Juhani, di sini praktek sholat malam Rasulullah adalah 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, sampai 12 rakaat, baru kemudian diakhiri witir 1 rakaat sehingga totalnya 13 rakaat.

Dari dua riwayat di atas, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan shalat malam Rasulullah cukup bervariasi. Namun demikian bagi kita yang mau mulai membiasakan sholat malam, kita bisa pilih yang mana yang kita sukai, karena Rasulullah pun memang bervariasi pelaksanaannya dan jumlah rakaatnya.

#2 Tips Praktek Shalat Malam Bagi Pemula

Setelah cukup informasi yang kita dapatkan sejak beberapa hari yang lalu,  mudah-mudah kita mulai tergerak untuk mulai membiasakan shalat malam.

Sebagai pemula tentu saja kita bisa memulainya dengan memilih waktu yang mudah untuk kita.

Selain itu jumlah rakaat-nya pun kita bisa pilih berdasarkan kemampuan kita.

Karena yang penting itu adalah istiqamah atau konsistensi kita.

Insya Allah kalau sudah konsisten menjalankannya, maka ini menjadi kebiasaan baru kita

#3 Pilih Waktu Sholat Malam Yang Ringan Menurut Kita

Setelah kita mempersiapkan diri untuk shalat malam, maka pilih lah waktu yang menurut kita ringan untuk bangun di jam tersebut, asalkan jangan lewat waktu shubuh ya.. hehe..

Sebagai contoh, buat saya waktu yang ringan itu adalah setengah jam sebelum waktu adzan shubuh.

Kalau sekarang ini waktu adzan shubuh jam 04:40 WIB, maka kita bisa mulai bangun dan melaksanakan sholat malam di jam 04:10 WIB.. tentu cukup mudah bukan..??

#4 Tentukan Jumlah Rakaat Yang Ringan Menurut Kita

Mengenai jumlah rakaatnya kita bisa memulainya dengan 3 rakaat atau 5 rakaat saja.. yang penting total jumlah rakaatnya ganjil.

Sebagaimana Rasulullah juga jumlah rakaatnya selalu ganjil kalau engga 11 rakaat, kadang 13 rakaat, atau kadang 23 rakaat.

Yang penting kita pilih jumlah rakaat yang ringan menurut kita, dan kita mampu konsisten melaksanakannya. Itu yang penting.

#5 Intensitas Pelaksanaan Sholat Malam Bagi Pemula

Mengenai intensitasnya kita bisa mulai misalnya 2 hari sekali saja..

Atau jika dirasa masih berat, boleh juga seminggu sekali..

Yang penting kembali lagi KONSISTEN.. catat ya hehe

Intinya dalam memulai pilihlah yang ringan dan mudah untuk kita melaksanakannya.

Jangan mulai dengan yang berat berat, karena biasanya suka bikin kita gampang NYERAH di kemudian hari hehe..

Barangkali demikian teman yang bisa dishare malam ini.. semoga bermanfaat

Ikutin terus ya serial kajian sholat malam ini..

Insya Allah besok kita akan lanjutkan lagi ^_^

 

Ini adalah bagian dari serial kajian sholat malam yang rutin diposting broadcast message dan timeline LINE @adlanmuslim setiap malam jam 20.00 – 21.00 WIB.

Temen-temen juga bisa mengklik link berikut ini untuk join langsung di LINE@ kami

http://line.me/ti/p/%40adlanmuslim

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s