Apakah Anda Suka Download Film Di Internet? Jangan Baca Ini…

Tulisan ini saya buat setelah menonton wawancara Dedi Corbuzier dengan Joe Taslim di acara Hitam Putih Trans 7 di You Tube. Dan.. tahukah Anda terdapat hal menarik dan hikmah yang saya dapatkan setelah nonton tayangan tersebut.. yang kemudian mengubah kebiasaan saya dalam menonton film.

Silakan baca sampai selesai ya, pasti bermanfaat..

Kita semua tahu dengan Joe Taslim bukan?

Ya dia adalah salah satu aktor Indonesia yang berhasil go international melalui perannya di film Holiwood yang terkenal yaitu Fast Furious 6.

Film ini berhasil memecahkan rekor box office dua minggu berturut-turut sejak ditayangkan di bioskop seluruh dunia dan berhasil mencatatkan pendapatan sebesar 586 juta us dollar.

Padahal budget yang dikeluarkan hanya 160 juta us dollar. Bisa dibayangkan keuntungannya segitu besarnya dan ga kebayang deh bayaran buat para aktor di film itu pasti sangat besar ya.

Itu adalah hal yang pantas mereka dapatkan dikarenakan mereka adalah aktor profesional, expert di bidangnya yang telah memberikan keahliannya dalam suatu industri film.

Joe kemudian menceritakan informasi mengenai aturan pembayaran royalti bagi aktor film.

“Setiap aktor yang ngomong itu berhak dapet royalti, kalau ga ngomong dia ga dapat royalti” ujarnya

Kemudian Joe ditanya lagi bagaimana kalau aktor tersebut hanya adegan berantem doang?

“Tidak ada royalti baginya, dia hanya dapat bayaran kontrak awal”

“Makanya pemilihan aktor itu sangat selektif siapa aja yang layak dapat script”

Lalu Joe ditanya lagi mengenai royalti itu dibayarkan pada saat kapan?

“Jadi pada saat kontrak awal film itu sudah mencakup mulai dari penayangan di bioskop, di channel-channel tv, yang dicetak ke dalam keping dvd, blue ray”

“Setelah semua itu turun baru royalti itu jalan”

Setelah mendengar penyataan Joe yang terakhir itu saya langsung tertegun dan ingat sama kebiasaan saya yang suka download film di internet.

Padahal motivasi saya selama ini nonton film download-an karena pengen nonton GRATIS.

“Ya ALLAH berarti selama ini saya suka nonton film yang di dalamnya ada hak para aktor yang semestinya saya bayar, tapi kemudian saya ENGGAK BAYAR”

Lebih jauh lagi saya bertanya, bagaimana nanti saya mempertanggung jawabkan di akhirat ketika para aktor itu menuntut hak-hak mereka kepada saya?

Dan Rasulullah shalallahu‘alaihi wa salllam pernah mengingatkan :

“Barangsiapa membeli barang curian, sedang dia tahu bahwa barang itu adalah barang curian, maka ia bersekutu dalam aib dan dosa.” hadits riwayat Al Hakim dan Al Baihaqi.

Sejak saat itu saya jadi ngeri untuk nonton film hasil download bajakan di internet. Karena sama saja kita telah berlaku Zalim sama orang lain. Kita udah menikmati manfaat dari orang lain sementara kita tidak memenuhi hak orang tersebut.

Tapi tentu saja ada juga koq website di internet yang menyediakan film yang boleh didownload gratis. Biasanya mereka agen resmi yang sudah punya kesepakatan dengan si pemilik film.

Atau kita juga bisa berlangganan tv kabel buat di rumah yang biasanya menyediakan channel-channel resmi penyedia film box office. Atau bisa juga kita nonton berbayar di itunes atau google play yang menyediakan film-film box office.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s